Profil Sarjana Kesehatan Mayarakat

Profil

Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat merupakan salah satu Program Studi di bawah Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. D.R. HAMKA (Fikes UHAMKA) dan merupakan bagian dari Amal Usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan tinggi yang terus berupaya meningkatkan kualitas manajemen pendidikannya, sehingga mampu menghasilkan lulusan tenaga kesehatan yang unggul dan kompetitif yang memiliki standar kompetensi yang sesuai dengan standar kualifikasi nasional maupun internasional, serta memiliki kecerdasan emosional dan spiritual, sesuai dengan Visi dan Misi Universitas, Fakultas, dan Program Studi. Sehingga diharapkan Program Studi akan dapat berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sebagai bagian dari da’wah amar ma’ruf nahi munkar.

Pada saat ini, Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat membuka 8 peminatan yaitu peminatan epidemiologi, peminatan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), peminatan kesehatan lingkungan, peminatan kesehatan reproduksi, peminatan manajemen dan administrasi kesehatan (MAK), peminatan manajemen rumah sakit, peminatan promosi dan pendidikan kesehatan, peminatan statistik kesehatan. Dalam perjalanannya dari tahun ke tahun, program studi S1 Kesehatan Masyarakat mengalami perkembangan yang lebih baik dalam segi penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar, pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat, kemahasiswaan serta kegiatan Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIKA).

Adapun profil lulusan bagi S1 Kesehatan Masyarakat yang pertama diharapkan mampu menjadi Asisten Manajer di bidang kesehatan masyarakat yang membantu manajer dalam hal fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, dan penilaian di bidang Kesehatan Masyarakat, yang kedua mampu menjadi pelaksana penelitian di bidang kesehatan masyarakat yang membantu peneliti dalam penelusuran pustaka, proses pengumpulan, penginputan, pengolahan, analisis, dan penulisan laporan penelitian, yang ketiga mampu menjadi penggerak masyarakat di bidang kesehatan masyarakat untuk berbudaya sehat melalui upaya promotif dan preventif dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi, yang keempat mampu menjadi wirausahawan di bidang produk media promosi kesehatan, rekayasa produk sisa bahan organik dan an organik, dan manajemen data kesehatan berbasis nilai-nilai islam. Wirausahawan yang berbasis nilai-nilai islam yaitu dalam membuat media cetak dan elektronik tentang promosi kesehatan dikaitkan dengan ayat Al Quran dan Hadits Rasulullah SAW, melakukan daur ulang dari bahan tidak terpakai menjadi aneka produk dari untuk menghindari mubazir, dan melakukan proses pengumpulan, penginputan, pengolahan, dan analisis data dengan menerapkan nilai-nilai kejujuran.

Tujuan

Mendidik mahasiswa sehingga menghasilkan lulusan/ Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) yang dibutuhkan oleh dunia usaha, masyarakat sipil, dan pemerintah yang memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Akhlaqul karimah dan keteladanan sebagai kader Muhammadiyah dan kader bangsa.
  2. Standard kompetensi tenaga kesehatan masyarakat yang mencakup uraian sebagai berikut
  3. Kemampuan untuk melakukan kebijakan dan analisa (analysis and assessment)
  4. Kemampuan untuk mengembangkan kebijakan dan perencanaan program kesehatan (health policy development and program planning)
  5. Kemampuan untuk memahami budaya lokal (cultural competency/ local wisdom)
  6. Kemampuan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat (community dimension of practice)
  7. Kemampuan memahami dasar-dasar ilmu kesehatan masyarakat (basic public health sciences)
  8. Kemampuan untuk merencanakan dan mengelola sumber dana (financial planning and management)
  9. Kemampuan untuk memimpin dan berpikir sistem (leadership and system thinking/total system)
  10. Mendidik dan meningkatkan kesehatan masyarakat untuk meningkatkan taraf kesehatannya.

Visi

Program Studi Kesehatan Masyarakat Fikes UHAMKA pada tahun 2020 menjadi salah satu pusat pendidikan tinggi kesehatan masyarakat yang unggul di tingkat nasional dalam menghasilkan lulusan ahli kesehatan masyarakat yang memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.

Misi

Program Studi Kesehatan Masyarakat memiliki misi untuk men¬didik calon Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) yang mandiri, profe¬sional dan berakhlaq mulia dalam menemukan alternatif solusi bagi masalah kesehatan masyarakat, dengan cara sebagai berikut:

  1. Mengembangkan sistem pendidikan kesehatan masyarakat yang dilaksanakan secara profesional.
  2. Mengembangkan konsep keilmuan kesehatan masyarakat yang berwawasan ke depan dan sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat melalui pengembangan keilmuan dan penelitian ilmiah.
  3. Mengembangkan kerjasama dengan seluruh komponen di bidang kesehatan sebagai upaya penerapan konsep-konsep kesehatan masyarakat dan dalam rangka pengabdian masyarakat
  4. Mengembangkan program studi sebagai pusat pengembangan dakwah dan membangun kader-kader ummat dan bangsa di bidang kesehatan masyarakat.

 

Untuk melihat data pada pangkalan Data KEMENRISTEK DIKTI bisa dilihat disini