Profil Sarjana Gizi

PROFIL PROGRAM STUDI ILMU GIZI

FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN UHAMKA

Profil

Program Studi Gizi merupakan salah satu program studi pada Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Fikes UHAMKA). Program Studi Gizi memiliki Misi untuk menghasilkan lulusan ahli gizi yang unggul dan kompetitif sesuai dengan standar kualifikasi nasional dan internasional, serta memiliki kecerdasan baik dalam hal spiritual, intelektual, emosional dan sosial sesuai dengan visi Fakultas maupun Universitas.

Program Studi Gizi juga terus mengembangkan diri dengan menghadirkan tenaga pengajar yang kompeten, metode pembelajaran yang efektif, fasilitas praktik yang berkualitas serta kerjasama dengan berbagai institusi baik swasta maupun pemerintah dalam rangka memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui praktek belajar di lapangan. Untuk menciptakan lulusan yang berakhlakul karimah, mahasiswa Program Studi Gizi UHAMKA juga dibekali dengan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIKA) dalam kegiatan perkuliahannya.

Visi

Program Studi Gizi FIKES UHAMKA pada tahun 2020 menjadi salah satu pusat pendidikan tinggi gizi yang unggul di tingkat nasional dalam menghasilkan lulusan ahli gizi yang memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional  dan sosial.

Misi

Misi Program Studi Gizi adalah:

  1. Mendidik tenaga gizi yang memenuhi kualifikasi nasional dan internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya di bidang gizi.
  3. Menjadi mitra kerja bagi instansi terkait dan mitra bagi masyarakat dalam membantu memberikan solusi terhadap problematika yang dihadapi khususnya dalam bidang gizi.
  4. Membangun dan mengembangkan program studi sebagai organisasi pembelajar yang kompetitif, inovatif dan berlandaskan kearifan lokal
  5. Mengembangkan dan memperkuat manajemen program studi yang mandiri dan mempunyai tata kelola yang baik.
  6. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang gizi untuk kesejahteraan masyarakat berdasarkan nilai-nilai ke-islaman, ke-Muhammadiyahan, dan ke-Indonesiaan.

TUJUAN

Tujuan Program Studi Gizi adalah:

  1. Menghasilkan tenaga kesehatan di bidang gizi yang memiliki kualifikasi nasional dan internasional.
  2. Membangun budaya pembelajar pada seluruh sivitas akademika.
  3. Menjadi Mitra kerja terpercaya bagi institusi kesehatan dan masyarakat luas.
  4. Internalisasi nilai-nilai Islam, kemuhammadiyahan dan keindonesiaan dalam rumusan dan aktifitas catur darma pendidikan tinggi kesehatan khususnya di bidang gizi.

Untuk melihat Pangkalan Data pada KEMENRISTEK DIKTI bisa dilihat disini