Tentang Kami

Profil

Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKes) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) adalah bagian dari Amal Usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan tinggi ilmu kesehatan, yang terus berupaya meningkatkan kualitas manajemen pendidikannya, sehingga mampu menghasilkan lulusan tenaga kesehatan yang unggul dan kompetitif yang memiliki standar kompetensi yang sesuai dengan standar kualifikasi nasional maupun internasional, serta memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan sosial, sesuai dengan Visi dan Misi Universitas maupun Fakultas. Dengan demikian diharapkan FIKes UHAMKA akan dapat berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sebagai bagian dari da’wah amar ma’ruf nahi munkar.

Saat ini, FIKes UHAMKA telah memiliki dua program studi, yaitu Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1) dan Program Studi Gizi (S1). Dalam perjalanannya dari tahun ke tahun, masing-masing program studi mengalami perkembangan yang lebih baik dalam segi penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar, pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat, kemahasiswaan serta kegiatan Al-Islam Kemuhammadiyahan. Secara khusus, perkembangan ke-arah yang lebih baik ditunjukkan oleh Fakultas yang bekerjasama dengan Universitas dalam upayanya meraih sertifikasi ISO 9001-2008 dan dalam menciptakan lingkungan akademik yang berbasis IT; adanya peran yang aktif setiap prodi yang ada dengan stakeholder kementrian serta organisasi profesi terkait berkenaan dengan perumusan standar pelayanan, kompetensi dan kurikulum yang memenuhi standar kualifikasi nasional dan internasional; serta koordinasi yang lebih baik dalam internalisasi nilai-nilai Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK) bersama-sama dengan pihak Rektorat bidang AIK.

Sejarah

Tantangan dunia kesehatan dalam dua dekade ke depan merupakan fenomena yang perlu kita pertimbangkan. Dalam tatanan global sekarang ini kita menghadapi arus globalisasi, percepatan informasi, dan kemajuan teknologi yang sangat cepat sehingga perlu kita cermati. Sementara kondisi di dalam negeri Indonesia secara garis besar juga masih menyisahkan setumpuk problematika. Krisis moneter, triple burden of diseases, mutu SDM Kesehatan yang rendah dan krisis kepemimpinan merupakan sebagian faktor-faktor yang turut menetukan rendahnya kualitas hidup sumberdaya manusia (Human Development Index).

Meningkatkan kualitas SDM tersebut sangat dipengaruhi oleh 3 faktor: yaitu status sosial ekonomi, status pendidikan dan status kesehatan. Sejalan dengan hal tersebut, maka dibidang kesehatan semakin dibutuhkan SDM-Kesehatan yang berkualitas dan mampu menjawab berbagai permasalahan dibidang kesehatan. Pengembangan pengetahuan dan keterampilan SDM-Kesehatan tersebut perlu dibina dan diarahkan melalui jalur perguruan tinggi yang diselenggarakan secara profesional.

Pada tahun 1998, dengan dukungan sepenuhnya dari semua pihak, Fakultas Kesehatan Masyarakat UHAMKA secara resmi berdiri berdasarkan SK. Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 91/Dikti/Kep/1998. Dalam masa periode kedekanan pertama (1997-2001) dibawah kepemimpinan dekan Prof. Dr. Buchari Lapau, MPH. Fakultas Kesehatan Masyarakat yang dirintis oleh Prof. Dr. Buchari Lapau, dr., MPH. Wiyono Sutono, MSc., dan dr. Hafizurrachman, MPH tersebut, alhamdulillah kini telah menjadi salah satu fakultas favorit yang dicari calon mahasiswa dan banyak menghasilkan lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM).

Padah tahun 2001 di bawah komando dr. Zulazmi Mamdy, MPH sebagai dekan, agar FKM dapat berkembang lebih pesat lagi telah berubah menjadi fakultas baru dengan nama Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKES). Maka pada tahun 2002, melalui SK. Rektor Nomor 046/E.02.04/2002 tanggal 12 Febuari 2002, FKM-UHAMKA kini telah berubah menjadi FIKES UHAMKA.

Dalam perkembangannya, FIKES UHAMKA terus berusaha membangun citra diri, agar dapat tampil beda dengan lebih baik. “Hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan esok harus lebih baik dari hari ini”. Melalui pengkajian yang mendalam, akhirnya Program Studi S1-Kesehatan Masyarakat pun dapat tampil dengan kurikulum berbasis kompetensi yang berbeda –namun tetap kompetitif- bila dibandingkan dengan program studi sejenis yang dimiliki universitas-universitas lainnya.

Saat ini FIKES UHAMKA terus berusaha untuk meningkatkan kualitasnya dengan melakukan perbaikan system akademik-kemahasiswaan dan sistem perkuliahan yang efektif dan nyaman. Pengembangan program studi-program studi lainnya juga dilakukan dengan bekerjasama dengan berbagai pihak. Dengan satu komitmen dalam rangka memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat luas, maka pada tahun ajaran 2004/2005, mulai dibuka Program studi baru yaitu: Program Studi S1-Ilmu Gizi, lulusan program ini diharapkan dapat berbicara dan berkiprah secara profesional di bidang kesehatan khususnya yang terkait dengan ilmu gizi secara spesifik. Dengan demikian sampai saat ini FIKES UHAMKA memiliki dua program studi yakni Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Ilmu Gizi.